Jenis - Jenis Obligasi Konversi

Setelah memahami berbagai manfaat Obligasi Konversi, dijelaskan pula beberapa jenisnya. Jenis-jenis Obligasi Konversi adalah sebagai berikut:

1. Obligasi Tukar – Exchangeable Convertible

Obligasi Tukar atau yang biasa dikenal dengan Exchangeable Convertible adalah obligasi konversi yang sahamnya (yang menjadi aset dasar obligasi) berasal dari perusahaan lain dari yang menerbitkan obligasi tersebut. Tujuan konversi yang dilakukan bukan untuk mengkonversi piutangnya. Namun, tujuannya untuk menukarkan obligasi konversi dengan saham para pemilik saham dari pihak penerbit obligasi.2. Obligasi Konversi Saham Preferen – Convertible Preferred Stock

Obligasi Konversi Saham Preferen hampir serupa dengan obligasi lainnya, hanya saja yang berbeda adalah struktur permodalannya. Pada obligasi jenis ini, struktur modalnya memiliki peringkat senioritas lebih rendah.

3. Obligasi Wajib Konversi – Mandatory Convertible

Yaitu merupakan sebuah obligasi yang mewajibkan investornya mengkonversikan ke bentuk saham biasa pada saat jatuh tempo. Harga konversinya bergantung pada harga pasar yang sedang berlaku saat proses konversi dilakukan. Obligasi ini memiliki imbal hasil yang tinggi sehingga cocok untuk investasi jangka pendek. Terdapat dua harga konversi yaitu harga setara nilai saham dan harga di atas nilai par.

Nah itu dia penjelasan tentang Notasi Khusus di Pasar Modal Indonesia, Untuk detail materi lainnya Anda bisa baca di Buku IPO era “New Economy” by Leonardo Iswanto

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut ? Hubungi Nomor WA 0851-7515-0021

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menambah wawasan seputar dunia pasar modal ya..

#obligasikonversi #leonardoiswanto #saham #BEI #OJK #investor #trader #investasi