Sekilas Tentang Liabilitas

Apa Sih Liabilitas itu ?

Liabilitas adalah suatu kewajiban yang menjadi tanggungan dari perusahaan, baik yang berasal dari internal / eksternal maupun pihak lain, dan wajib untuk segera dibayarkan sebelum jatuh tempo pembayaran. Pihak lain yang dimaksud adalah bank, perusahaan lain, koperasi, maupun individu yang memberikan modal untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.  Liabilitas menjadi hal yang wajar dalam kegiatan bisnis, terutama perusahaan ingin melakukan ekspansi bisnis. Kewajiban ini terbagi menjadi dua, yaitu liabilitas jangka panjang dan liabilitas jangka pendek.

Liabilitas jangka pendek adalah kewajiban yang harus dilunaskan perusahaan selambat - lambatnya (current liabilitas) satu tahun periode pembukuan akuntansi.

Sementara Liabilitas jangka panjang adalah kewajiban yang pelunasannya punya tenggang waktu yang relatif lama. Bisa 3, 5, atau bahkan 10 tahun, tergantung siklus keuangan perusahaan. 

Nah itu dia penjelasan tentang Notasi Khusus di Pasar Modal Indonesia, Untuk detail materi lainnya Anda bisa baca di Buku IPO era “New Economy” by Leonardo Iswanto

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut ? Hubungi Nomor WA 0851-7515-0021

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menambah wawasan seputar dunia pasar modal ya..

#liabilitas #saham #BEI #OJK #investor #trader #investasi