Persyaratan & Kelengkapan Dokumen saat IPO

Dalam tata cara penawaran umum atau IPO dibutuhkan persyaratan & kelengkapan saat IPO, berikut persyaratan dan kelengkapan yang harus dipersiapkan :

1. Pembentukan Tim IPO Internal

Proses go public memerlukan proses yang meliputi beberapa aspek, sehingga pembentukan tim IPO yang kuat merupakan hal yang cukup penting. Tim internal sebaiknya terdiri dari orang-orang yang menguasai aspek keuangan dan aspek legal. Tim ini akan bekerjasama dengan para profesional yang ditunjuk perusahaan untuk membantu proses IPO, khususnya dalam mempersiapkan dokumen prospektus.

2. Pertimbangan Awal

Beberapa hal berikut ini perlu dipertimbangkan pada tahap-tahap awal:

a. Berapa kisaran dana yang dibutuhkan perusahaan dari IPO? Hal ini perlu disinergikan dengan rencana bisnis perusahaan.

b. Berapa persentase kepemilikan publik maksimal yang diinginkan oleh para pemegang saham pendiri? Pada kebanyakan perusahaan, pemegang saham pendiri menginginkan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali perusahaan. Di sisi lain, semakin besar persentase kepemilikan publik, saham perusahaan akan cenderung lebih aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia sehingga risiko likuiditas bagi investor akan lebih rendah.

c. Untuk suatu grup perusahaan yang memiliki banyak anak usaha dan terdiri dari beberapa lini bisnis, beberapa hal perlu dipertimbangkan:

  • Perusahaan mana yang akan ditawarkan sahamnya kepada publik?
  • Apakah perlu ada spin-off, merger, akuisisi, atau divestasi aset sebelum melakukan penawaran umum?

Semakin besar nilai perusahaan yang sahamnya dijual kepada publik, pada umumnya akan relatif lebih menarik minat investor.

d. Apakah terdapat ketentuan perizinan dalam peraturan, perjanjian atau hal-hal lainnya yang perlu ditindaklanjuti atau dilakukan amandemen sebelum IPO?

e. Apakah terdapat permasalahan signifikan, misalnya permasalahan hukum yang dapat mengganggu kelangsungan usaha perusahaan dan diperkirakan dapat mengganggu proses IPO?

f. Apakah perusahaan perlu melakukan perubahan atas susunan direksi dan/atau komisaris perusahaan?

Untuk detail materi Persyaratan & Kelengkapan Dokumen saat IPO, Anda bisa baca di Buku IPO era “New Economy” by Leonardo Iswanto

Leonardo Iswanto memiliki misi dengan memberikan pengenalan strategi jitu untuk UMKM menuju papan akselerasi IPO . Kami mempersembahkan buku fisik dengan judul UMKM HACK di Era New Economy dapat menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan menuju IPO.  ika ingin tau lebih detail silahkan Chat ke Admin di WA 0851-7515-0021