Portepel Saham

Dalam dunia investasi saham, ada banyak istilah yang perlu diketahui oleh seorang trader maupun investor. Salah satu istilah yang perlu diketahui adalah saham portepel atau unissued shares.

Apa itu Portepel Saham ?

Unissued shares atau Saham Portepel adalah saham yang termasuk dalam authorized shares, namun belum diterbitkan oleh perusahaan, sehingga tidak ada orang yang bisa memiliki saham ini. Bahkan, saham tersebut pun tidak memiliki hak apapun, termasuk voting dan dividen. Karena tidak memiliki nilai, maka saham portepel ini tidak memiliki fungsi.

Dengan kata lain Unissued Shares merupakan saham simpanan sebuah Emiten. Biasanya Penawaran Umum Perdana saham melalui pengeluaran Saham Seri A baru dari dalam simpanan (portepel) Emiten akan mencatatkan seluruh saham yang dikeluarkan oleh Emiten pada BEI atau bursa efek pada yurisdiksi lain. Tentunya tetap tunduk kepada undang-undang.

Sederhananya, ketika sebuah perusahaan go public maka perusahaan akan mengizinkan sejumlah saham untuk dibuat piagam atau anggaran dasar. Saham inilah yang disebut sebagai saham resmi, saham ini dapat diperjualbelikan kepada investor dan dikeluarkan untuk karyawan. 

Leonardo Iswanto memiliki misi dengan memberikan pengenalan strategi jitu untuk UMKM menuju papan akselerasi IPO . Kami mempersembahkan buku fisik dengan judul UMKM HACK di Era New Economy dapat menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan menuju IPO.  ika ingin tau lebih detail silahkan Chat ke Admin di WA 0851-7515-0021

#sahamportepel #OJKIndonesia #OJK #cuan #gain #dividen #investasi #keuangan #finansial #finansialsejahtera #masadepan #menabung #omset