Yuk Kenali Apa itu IPO dan Manfaat IPO Buat Perusahaan..

IPO (initial public offering) adalah penawaran umum perdana saham yang dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam Undang-Undang dan peraturan pelaksanaan. Dalam IPO, perusahaan akan memperoleh dana dari masyarakat yang membeli efek yang diterbitkan oleh perusahaan. Sementara itu, masyarakat akan menjadi pemegang saham perusahaan.

Dengan kata lain, saham IPO merupakan pencatatan perdana saham pada Bursa Efek Indonesia. Seringkali saham IPO ini dimanfaatkan oleh para trader maupun investor untuk mendulang cuan secara singkat namun tak jarang juga ada yang memegang saham IPO untuk jangka panjang karena kinerja perusahaan tersebut terbilang baik.

Lalu apa sih manfaat dari IPO?

manfaat IPO ada 6 antara lain :

1. Pendanaan Tanpa Batas

Merupakan titik awal bagi perusahaan untuk mendapatkan akses yang lebih mudah kepada pendanaan, antara lain melalui penawaran umum terbatas atau melalui secondary offering dan private placement

  • Go Public membuat lebih mudah menarik strategic investor untuk ikut berinvestasi pada saham perusahaan
  • Keterbukaan Informasi membuat perbankan atau institusi keuangan lainnya dapat lebih percaya kepada perusahaan
  • Go Public juga mempermudah akses perusahaan untuk menerbitkan surat utang, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Meningkatkan Nilai Perusahaan

Nilai atas sebuah Perusahaan Terbuka dapat terlihat dari harga saham dan kapitalisasi pasar atas Perusahaan tersebut. Setiap peningkatan kinerja operasional dan kinerja keuangan umumnya akan memiliki dampak terhadap harga saham di Bursa, hal ini yang akan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Image Perusahaan

Setelah Go Public, informasi dan berita mengenai perusahaan akan sering diliput oleh media, penyedia data dan analis di perusahaan sekuritas. Publikasi secara cuma-cuma tersebut akan meningkatkan image perusahaan serta meningkatkan eksposur pengenalan atas produk-produk yang dihasilkan perusahaan. Hal ini akan menciptakan peluang-peluang baru dan pelanggan baru dalam bisnis perusahaan.

Untuk detail materi Manfaat IPO no 4, 5 & 6, Anda bisa baca di Buku IPO era “New Economy” by Leonardo Iswanto

Semoga artikel ini membantu kamu dalam menambah wawasan seputar dunia pasar modal ya..

#IPOsaham #saham #InitialPublicOffering #RUPS #PenjaminEmisi #Prospektus #bookbuilding #BEI #OJK #investor #trader #investasi #saham